Pemberdayaan Masyarakat Melalui Pelatihan dan Pendampingan Pengelolaan Perpustakaan pada Yayasan Tunas Mulia di TPA Bantar Gebang Bekasi

Kristiana Widiawati, Selfiana Selfiana

Abstract


Pemberdayaan masyarakat di YTM adalah wujud pengabdian kepada masyarakat dalam membantu memberikan solusi atas permasalahan yang dihadapi sekolah alam yang di kelola oleh YTM. Kegiatan pemberdayaan bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan ketrampilan masyarakat di YTM agar dalam pengelolaan perpustakaan sekolah alam menjadi optimal dan lebih baik. Perpustakaan sebagai jendela ilmu dan pengetahun harus dikelola secara profesional. Metode untuk kegiatan pemberdayaan masyarakat diawali dengan observasi, selanjutnya melakukan perencanaan atau penjadwalan serta implementasi pelaksanaan kegiatan melalui pelatihan dan pendampingan pengelolaan perpustakaan. Pelatihan yang diberikan memberikan dampak yang positif bagi peserta pelatihan dan pengelola YTM. Mitra atau peserta pelatihan mendapatkan ilmu, pengetahuan atau wawasan serta keterampilan pengelolaan perpustakaan. Pelatihan diikuti oleh masyarakat yang berada di lingkungan YTM. Peserta pelatihan mengikuti serangkaian kegiatan dengan penuh antusias dan semangat yang luar biasa.

Keywords


pelatihan; pemberdayaan masyarakat; pengelolaan perpustakaan

Full Text:

PDF

References


Retno, S. S., Rohmiyati, Y., & Hasna, J. (2015). Pemberdayaan Masyarakat melalui Perpustakaan :Studi Kasus Rumah Pintar “Sasana Ngudi Kawruh” Kelurahan Badarharjo-Semarang. Jurnal Ilmu Perpustkaan, 4(2).

Saefullah, R. S., & Pratama, K. T. (2016). Pengelolaan Perpustakaan Desa Oleh Dinas Kearsipan Perpustakan Kota Surakarta. Jurnal Pustaka Ilmiah, 2(3).

Satoto, K. I., & dkk. (2011). Studi Perbakan Pengelolaan Perpustakaan dan Sistem pengelolaan Arsip & Dokumen di PT Badak NGL. Jurnal Sistem Komputer, 11(2).

Winoto, Y., & Sukaesih. (2019). Studi Tentang Pemberdayaan Masyarakat melalui Penyelenggaraan Perpustakaan Desa dan Taman Bacaan Masyarakat. Jurnal EDULIB, 9(1), 79–94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher:

STIKS Tarakanita

Copyright@