Pelatihan Daring Optimalisasi Pemanfaatan E-Learning dalam Mendukung Pembuatan Soal Ujian Daring bagi Dosen

Petrus Dwi Ananto Pamungkas, Hydriana Ananta Win, Cresensiana Widi Astuti, Evvy Silalahi, Rosalia Kurni Setyawati

Abstract


Sekolah Tinggi Ilmu Komunikasi dan Sekretari Tarakanita (STARKI) menerapkan kuliah daring selama pandemi (penyebaran) Covid-19 ini, mulai dari proses pembelajaran hingga pelaksanaan Ujian Tengah Semester (UTS) dan Ujian Akhir Semester (UAS) Semester Genap 2019/2020. Untuk pembuatan soal ujian dapat menggunakan aplikasi e-learning STARKI sehingga pelaksanaan UAS daring dapat berjalan lancar sesuai harapan. Tetapi tidak semua dosen memahami penggunaan dan manfaatnya. Padahal dalam e-learning STARKI sudah lengkap beberapa tipe soal ujian yang dapat dibuat, mulai dari soal pilihan ganda hingga soal esai. Untuk itu dilakukan pelatihan daring dengan metode eksperimen dimana para peserta langsung melakukan latihan pembuatan soal ujian menggunakan akun e-learning yang sudah dibuatkan sebelumnya. Media komunikasi yang digunakan adalah aplikasi Zoom Meeting. Dari hasil evaluasi formulir pre-test dan post-test yang sudah diisikan oleh para peserta, dapat diketahui adanya peningkatan pemahaman dan keterampilan dalam memanfaatkan e-learning STARKI. Demi memaksimalkan pemahaman dan keterampilan pemanfaatan e-learning STARKI maka dapat dilakukan dengan peserta dibuat berdasarkan rumpun bidang matakuliah yang diampunya.

Keywords


e-learning STARKI; kuliah daring; pelatihan daring; soal ujian

Full Text:

PDF

References


Astuti, C. W. (2020). Pelatihan Keterampilan Sederhana bagi Ibu-Ibu PKK Kelurahan Bitungsari Bogor. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 1(1), 50–58.

Clark, R. C., & Mayer, R. E. (2008). E-Learning And The Science Of Instruction: Proven Guidelines For Consumers And Designers Of Multimedia Learning (2nd Editio). San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Munir. (2012). Multimedia Konsep & Aplikasi Dalam Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Pamungkas, P. D. A. (2017). Computer Based Test (CBT) pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta Menggunakan Metode Computerized Fixed-Form Test (CFT). Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan, IV(1), 54–61.

Seok, S. (2008). Teaching Aspect Of E-Learning. International Journal on Elearning, 7(4), 725–741.

Silalahi, E. (2020). Membangun Komunikasi Interpersonal di Kalangan Generasi Z pada SMUN 91 Jakarta Timur. Jurnal Karya Untuk Masyarakat, 1(1), 37–42.

Ujulawa, M. (2017). Perancangan Learning Management System (LMS) Menggunakan Moodle pada Sekolah Tinggi Tarakanita Jakarta. Jurnal Ilmiah KOMPUTASI, 16(1), 61–69.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher:

STIKS Tarakanita

Copyright@