Pelatihan Teknologi Pembuatan Lem Poli Vinil Asetat (PVAc) pada Produsen Album Elvira

Sari Purnavita, Sri Sutanti

Abstract


Di Era digital seperti ini, industri album photo masih potensial untuk digemari oleh masyarakat sebagai konsumen. Salah satu, produsen yang menggeluti dalam bidang album foto hingga saat ini yaitu “ALBUM ELVIRA”. Perusahaan ini memiliki kendala dalam harga produksi karena selama ini pembelian lem yang relatif mahal menambah cost produksi. Oleh karena itu, produsen album Elvira berkeinginan untuk mampu memproduksi lem sendiri, sehingga mampu menekan cost biaya produksi dan harga jual album dapat bersaing di pasaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut maka diberikan workshop dan pelatihan pembuatan polimer Poli Vinil Asetat (PVAc) yang dapat diaplikasikan sebagai lem pada kertas. Metode yang diterapkan dalam kegiatan pengabdian masyarakat ini yaitu pemberian materi dan workshop mengenai polimer Poli Vinil Asetat (PVAc). Hasil dari kegiatan pengabdian masyarakat ini mitra Album Elvira bersikap kooperatif dan antusias dalam mengikuti kegiatan pemberian materi dan diskusi. Dari kegiatan pengabdian masyarakat ini dapat diambil kesimpulan (1) Mitra telah mengetahui monomer penyusun, formulasi, dan prosedur pembuatan polimer PVAc. (2) Mitra dapat membuat polimer PVAc untuk selanjutnya diaplikasikan menjadi lem kertas untuk menjawab kendala yang selama ini dihadapi oleh mitra. (3) Pada pelatihan dihasilkan emulsi polimer PVAc yang cukup stabil, larut air, dengan PH 6 dan memiliki ukuran partikel kurang dari satu micron, serta masa simpan pada suhu kamar selama sebulan.

Keywords


lem; polimerisasi; produksi; PVAc

Full Text:

PDF

References


Adiwaluyo, E. (2018). Fujifilm: Cetak Foto Tak Akan Ditinggalkan. Retrieved from https://marketeers.com/fujifilm-cetak-foto-tak-akan-ditinggalkan

Armani, A. (2019). Bisnis Cetak Foto Masih Potensial.

Billmeyer, F. W. (1984). Textbook of Polymer Science. San Francisco: John Wiley & Sons, Inc.

Kenneth, J. L. (1974). Emulsion and Emulsion Technology Vol. 6. New York: Marcel Dekker, Inc.

Kirk, R. E., & Othmer, D. F. (1997). Encyclopedia of Chemical Technology Vol. 23 (4nd Editio). New York: John Wiley & Sons Inc.

Purnavita, S., Santoso, E., & Lucia, H. (1998). Optimasi Jumlah Emulsifier dan Jumlah Inisiator Pada Kestabilan Emulsi Poly Vinil Acetat. Semarang: Akademi Kimia Industri.

Roth, C. (2019). Lembar Data Keselamatan Hidrogen peroksida 30%. San Francisco: Carl Roth GmbH + Co: Department Health, Safety and Environment.

Sentra Informasi Keracunan Nasional (SikerNas). (2012). Vinil Asetat. Jakarta: BPOM RI : Pusat Informasi Obat dan Makanan.

Steven, M. (2001). Polymer Chemistry: An Introduction. Oxford: Oxford University Press, Inc.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Karya untuk Masyarakat (JKuM)

Publisher:

STIKS Tarakanita

Copyright@