ANALISIS KOMUNIKASI PUBLIC RELATIONS PADA SEKOLAH SMA DON BOSCO II UNTUK MEMPERTAHANKAN CITRA SEKOLAH KATOLIK YANG BERKARAKTER

Salie Sugianto, Yohannes Don Bosco Doho

Abstract


Kemerosotan nilai moral dan dan karakter anak bangsa semakin meningkat dibuktikan dengan banyaknya kasus tawuran remaja, narkoba, dan pergaulan bebas yang dilakukan oleh peserta didik. Hal ini dikarenakan kurangnya pendidikan karakter yang dimiliki oleh setiap sekolah. Oleh karena itu, Sekolah SMA Don Bosco II perlu menggunakan teori Elaboration likelihood model dan strategi Public Relations untuk mempertahankan citra sekolah katolik yang berkarakter. Tujuan penelitian ini adalah untuk memahami penerapan serta mengetahui hambatan dan solusi Sekolah SMA Don Bosco II dalam mempertahankan citra sekolah Katolik yang berkarakter. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif, jenis deskriptif dan menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara mendalam dan observasi. Analisis dalam penelitian ini adalah teknik analisis data model Miles dan Huberman serta teknik pemeriksaan triangulasi sumber. Hasil yang dicapai dari penelitian ini menunjukkan bahwa dari strategi Public keabsahan data yaitu Relations yang terbagi atas sembilan tahap, Sekolah SMA Don Bosco II telah melakukan kesembilan tahap tersebut. Kesimpulan dari penelitian ini menunjukkan bahwa strategi Public Relations telah terimplementasikan pada Sekolah SMA Don Bosco II dengan berbagai hambatan terkait krisis keteladanan guru, dan sulitnya mencari guru yang benar-benar teladan.

The decline in moral values and character of the nation's children is increasing as evidenced by the many cases of teen brawls, drugs, and promiscuity committed by schools. This is due to the lack of character education owned by each student. Therefore, Don Bosco II Senior High School needs to use an elaboration likelihood model theory and a Public Relations strategy to maintain the image of Catholic schools of character. The purpose of this study is to understand the application and find out the obstacles and solutions of Don Bosco II Senior High School in maintaining the image of Catholic schools with character. The research method used is a qualitative approach, descriptive type and uses data collection techniques with in-depth interviews and observations. The analysis in this study is the data analysis technique of the Miles and Huberman model and the data validity checking technique which is source triangulation. The results achieved from this study indicate that from the Public Relations strategy which is divided into nine stages, Don Bosco II Senior High School has conducted the nine stages. The conclusion of this study shows that the Public Relations strategy has been implemented in Don Bosco II Senior High School with various obstacles related to the teachers’ example of exemplary, and the difficulty of finding truly exemplary teachers.

Keywords


Komunikasi public relations, citra sekolah katolik, pendidikan berkarakter

References


Albertus, D.K. (2007). Pendidikan Karakter: Strategi Mendidik Anak di Zaman Modern. Jakarta: Grasindo

Ardianto, E. (2014). Metodolgi Penelitian untuk Public Relations. Bandung: Simbiosa Rekatama Media

Bungin, H. M. B. (2015). Penelitian Kualitatif. Jakarta: Kencana

Dillard, J. dan Pfau, M. (2002). The Persuasion Handbook Developments in Theory and Practice. United States: Sage Publications

Effendy, M. (2017). Penguatan Pendidikan Karakter Menunaikan Nawacita. Diperoleh dari http://mnpkindonesia.org/wp-content/uploads/2017/10/171008-V.1-MAJELIS-NASIONAL-PENDIDIKAN-KATOLIK.pdf

Hale. (2016, 28 Juli). Sadis, Bocah 9 Tahun Diperkosa 1 Siswa SMA dan 3 Siswa SD. Beritatebo.co.id, Diperoleh dari http://beritatebo.co.id/sadis-bocah-9-tahun-diperkosa-1-siswa-sma-dan-3-siswa-sd/

Hanurawan, F. (2016). Metode Penelitian Kualitatif Untuk Ilmu Psikologi. Depok: PT. Rajagrafindo Persada

Herdiana, D. dan Khoiruddin. (2016). Komunikasi. Peran Dan Strategi Humas Dalam Pembentukan Citra Perguruan Tinggi Islam, 15(2), 317-338. Diperoleh dari https://journal.uinsgd.ac.id/index.php/anida/article/download/1174/861

Histining, E.S. dan Rani, M.E. (2014). Komunikasi. Membangun Citra SMK Melalui Peran Dan Srategi Humas (Studi SMK Negeri 1 Sooko Mojokerto), 2(2), 1-16. Diperoleh dari http://jurnalmahasiswa.unesa.ac.id/index.php/jpap/article/view/9343/9258

Jefkins, F. (2003). Public Relations. Jakarta: Erlangga

Moleong, L. (2010). Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Mukhtar. (2013). Metode Praktis Penelitian Deskriptif. Jakarta: Referensi

Neolaka, A. dan Neolaka, G. A. A. (2017). Landasan Pendidikan Dasar Perubahan Diri Sendiri Menuju Perubahan Hidup. Depok: Kencana

Nova, F. (2011). Crisis Public Relations. Jakarta: Rajawali Pers

O’Shaugnessy, J. dan O’Shaugnessy, N. J. (2004). Persuasion in Advertising. London: Routledge

Pace, R. W. dan Faules, D. F. (2013). Komunikasi Organisasi. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya

Romli, K. (2014). Komunikasi Organisasi Lengkap. Jakarta: PT. Grasindo

Rosidatun. (2018). Model Implementasi Pendidikan Karakter. Gresik: Caramedia Communication

Sagala, S. (2013). Etika dan Moralitas Pendidikan Peluang dan Tantangan. Jakarta: Kencana

Siregar, N. S. S. (2012). Ilmu Sosial. Interaksi Komunikasi Organisasi, 5(1), 27-40. Diperoleh dari ojs.uma.ac.id/index.php/perspektif/article/download/105/

Smith, R.D. (2013). Strategic Planning Of Public Relations, 4th edition. New York: Routledge

Suryanto. (2015). Pengantar Ilmu Komunikasi, Jakarta: Pustaka Setia

Tim SIMKeu Kemendikbud (2003) UU SISDIKNAS RI no 20 tahun 2003 diperoleh dari http://simkeu.kemdikbud.go.id/index.php/peraturan1/8-uu-undang-undang/12-uu-no-20-tahun-2003-tentang-sistem-pendidikan-nasional

SMA Don Bosco II (n.d.) Visi dan Misi Sekolah SMA Don Bosco II diperoleh dari http://sma2.sekolahdonbosco.org/


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2019 Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis

Publisher: STIKS Tarakanita Copyright