Submissions

Online Submissions

Already have a Username/Password for Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis?
Go to Login

Need a Username/Password?
Go to Registration

Registration and login are required to submit items online and to check the status of current submissions.

 

Author Guidelines

01. Naskah merupakan karya ilmiah orisinal, belum pernah diterbitkan dan tidak sedang diajukan untuk diterbitkan di media lain.

02. Naskah dapat ditulis dalam bahasa Indonesia atau Inggris, diketik di komputer dengan ukuran huruf 10 pt, Times New Roman, spasi 1.15, panjang tulisan antara 15-30 halaman (termasuk tabel, grafik, dan gambar) ukuran A4 dan menggunakan bentuk paragraf menjorok/masuk ke dalam lima (5) huruf.

03. Naskah dapat berupa hasil penelitian, (lapangan, kepustakaan) atau berupa gagasan konseptual, kajian/telaah, aplikasi teori.

04. Naskah dapat diupload di: www.jurnal.stiks-tarakanita.ac.id. Terlebih dahulu klik REGISTER untuk membuat account dan ikuti langkah-langkah selanjutnya. Format artikel *.DOC bukan *.PDF. Untuk back up, artikel dapat dikirim ke jurnal.komunikasi@starki.id.

05. Kata asing yang belum diubah menjadi istilah teknis diketik dengan huruf italik.

06. Semua naskah yang diajukan akan melalui penilaian oleh reviewer dan sifat penilaian independent serta anonim.

07. Sistematika penulisan:

  • Naskah Penelitian, secara garis besar memuat: judul (apabila ditulis dalam bahasa Indonesia maksimal 14 kata), abstrak, kata kunci, pendahuluan, masalah/tujuan, metode (bahan dan alat), kerangka teori, pembahasan/hasil, kesimpulan, saran, daftar pustaka (dapat menggunakan sumber pustaka terbaru, atau referensi rujukan yang sudah ada sebelumnya).
  • Naskah Telaah, secara garis besar memuat: judul, abstrak, kata kunci, pendahuluan, pembahasan, penutup (ringkasan kesimpulan), dan daftar pustaka.

08. Abstrak ditulis dalam bahasa Inggris dan bahasa Indonesia, baik untuk artikel berbahasa Indonesia maupun artikel berbahasa Inggris. Abstrak berisi gambaran ringkas tentang masalah dan tujuan penelitian, metode penelitian dan hasil. Panjang abstrak satu alinea, tidak lebih 100 kata dengan huruf 10 pt, spasi 1.

09. Kata kunci antara 3 sampai 5 kata yang menunjukkan konsep utama penelitian dengan ranah keilmuan yang relevan; bermakna, biasanya berupa kata benda.

10. Judul artikel dicetak dengan huruf besar di tengah-tengah, dengan ukuran14 pt. Peringkat judul bagian dinyatakan dengan huruf yang berbeda (semua judul bagian dan sub-bagian dicetak tebal atau tebal dan miring), dan tidak menggunakan angka/nomor pada judul bagian.

11. Nama ditulis di bawah judul tanpa gelar akademik maupun profesional disertai alamat e-mail untuk semua penulis, apabila disusun oleh beberapa orang dan bila terdapat afiliasi yang berbeda ditulis secara lengkap nama afiliasi, sedangkan jika penulisnya berasal dari afiliasi yang sama, nama afiliasi cukup ditulis satu kali. 

12. Penomoran subjudul menggunakan teknik alfabetik, yaitu:

    A. ____________________________________________

        1. __________________________________________

            a) ___________________________________

               1) _____________________________

13. Margin kiri 0,98 inch, kanan 0,8 inch, atas 0,98 inch bawah 0,8 inch.

14. Kutipan tidak berupa catatan kaki, tetapi diintegrasikan langsung di dalam teks dengan menyebutkan sumber, meliputi: nama, tahun, dan halaman. Tahun dan halaman ditulis dalam tanda kurung.

15. Kutipan dapat menggunakan kutipan langsung pendek (tidak lebih dari empat baris) dilakukan dengan cara diintegrasikan langsung dengan teks, diberi berjarak antar-baris yang sama dengan teks, diapit oleh tanda kutip, disebut sumber kutipan.

  • Contoh:
  • Mengenai kalimat efektif Anton M.Moeliono mengemukakan, “kalimat yang efektif dapat dikenal karena ciri-cirinya yang berikut: memiliki keutuhan, perpautan, pemusatan perhatian, dan ringkas” (Moeliono, 1988:35).

16. Kutipan langsung panjang (lebih dari empat baris) dilakukan dengan cara: dipisahkan dari teks dengan spasi lebih dari teks, diberi jarak rapat antar baris dalam kutipan, disebut sumber kutipan dan tidak diapit tanda petik.

  • Contoh:
  • ditulis menjorok
  • Banyak batasan yang telah dikemukakan mengenai pengertian definisi. Keraf misalnya mengemukakan: Definisi pada prinsipnya adalah suatu proses menempatkan suatu objek yang akan dibatasi ke dalam kelas yang dimasukinya dengan menyebutkan ciri-ciri yang membedakan objek tadi dari anggota-anggota kelas lainnya (Keraf, 1984:32).

17. Tabel, gambar grafik diberi judul yang ditulis secara centring. Sumber dituliskan di bagian bawah.  Judul ditulis setelah nomot diberi jarak 2 ketuk. Jarak antara teks ke tabel 1,15 spasi

  • Contoh tabel:

Tabel 1

 Koefisien Korelasi, Determinasi dan Adjusted R2

Model

R

R. Square

Adjusted R. Square

Std. Error of the Estimate

1

.987

.975

.967

934.9069

        Sumber: Data Biaya Bauran Promosi dan kinerja Penjualan Perusahaan tahun 2002 s.d. 2005

18. Daftar pustaka/rujukan kepustakaan hanya memuat rujukan yang benar-benar disebut dalam tubuh artikel. Daftar rujukan ditempatkan di halaman terakhir artikel (bukan halaman baru), 80% berupa rujukan primer dan mutakhir (maksimal 10 tahun) tanpa nomor, tetapi berdasar abjad setelah nama penulis dibalik. Penulisan daftar pustaka dengan format APA yakni: nama pengarang. tahun penerbitan. Judul. penerbit: kota penerbitan. Nama pengarang ditulis sesuai dengan urutan namanya, tanpa gelar, judul buku atau majalah dengan garis bawah per kata atau dengan huruf italik. Bila lebih dari satu baris, maka baris kedua ditulis menjorok.

 

Catatan: keterangan lebih lengkap mengenai format dan ketentuan penulisan jurnal dapat menghubungi redaksi di jurnal.komunikasi@starki.id .

Selengkapnya Author Guidelines dapat diunduh pada link berikut UNDUH AUTHOR GUIDELINES

 

Submission Preparation Checklist

As part of the submission process, authors are required to check off their submission's compliance with all of the following items, and submissions may be returned to authors that do not adhere to these guidelines.

  1. Tipe file yang di kirim harus dalam bentuk Microsoft Word
  2. Artikel belum pernah terbit dimanapun
 

Copyright Notice

Hak cipta dimiliki sepenuhnya oleh STIKS Tarakanita.r

 

Privacy Statement

Nama dan alamat email yang dimasukkan dalam situs jurnal, hanya digunakan untuk keperluan publikasi di situs Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, tidak digunakan untuk keperluan lain ataupun untuk pihak lain. Seluruh naskah Jurnal Ilmu Komunikasi dan Bisnis, baik format cetak maupun elektronik, dijamin keasliannya dengan menjunjung tinggi hak eksklusif penulis.