Prototipe Aplikasi Manajemen Surat Berbasis Web Untuk Organisasi Mahasiswa Program Studi Sekretari

Achmad Syarif

Abstract


Manajemen surat seharusnya sudah dilakukan dengan berbasiskan Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) agar tidak terjadi kesalahan data dan mudah dilakukan pencarian data. Organisasi mahasiswa walaupun tidak terlalu besar, dalam manajemen surat seharusnya sudah menggunakan aplikasi berbasis TIK. Penelitian ini bertujuan untuk membuat prototipe aplikasi manajemen surat berbasis web dengan penerapan e-filing sehingga dapat memudahkan organisasi mahasiswa dalam manajemen surat. Metode pengembangan sistem dalam penelitian ini menggunakan Object Oriented Analysis and Design (OOAD) dengan alat bantu permodelan sistem Unified Modeling Language (UML). Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa prototipe aplikasi manajemen surat berbasis web bermanfaat bagi organisasi manahasiswa dalam manajemen surat.

Keywords


Prototipe Aplikasi, Manajemen Surat, Organisasi Mahasiswa.

Full Text:

PDF

References


Irawan, M. D., & Simargolang, S. A. (2018). Implementasi E-Arsip Pada Program Studi Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Informasi Vol 2 No 1, 67-84.

Maharani, M. A. (2018). Analisa dan Perancangan Sistem Informasi dengan CodeIgniter dan Laravel. Yogyakarta: Lokomedia.

Nur, D., & Sutarni, N. (2017). Penerapan Sistem Kearsipan Elektronik Sebagai Determinan Terhadap Produktivitas Kerja Pehawai. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran Vol 2 No 2, 40-48.

Putranto, W. A. (2017). Pengelolaan Arsip di Era Digital: Mempertimbangkan Kembali Sudut Pandang Pengguna. Diplomatika Vol 1 No 1, 1-11.

Sugiarto, A., & Wahyono, T. (2014). Manajemen Kearsipan Elektronik. Yogyakarta: Gava Media.

Sugiarto, A., & Wahyono, T. (2015). Manajemen Kearsipan Modern dari Konvensional ke Basis Komputer. Yogyakarta: Gava Media.

Syafitri, E. M., & Indrasari, F. (2018). Pengelolaan Arsip Elektronik Pada Bagian Administrasi Jurusan Administrasi Bisnis Politeknik Negeri Madiun. Epicheirisi Vol 2 No 1, 7-12.

Winarno, E. (2015). Desain Web Responsif dengan HTML5 dan CSS3. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yulistiyanto, E. (2015). Aplikasi Sistem Kearsipan Surat-surat Dinas Menggunakan Elektronik Arsip (E-Arsip) di Sekretariat Daerah Provinsi Jawa Tengah. Tugas Akhir. Semarang: Universitas Negeri Semarang.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2020 Jurnal Administrasi dan Kesekretarisan

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.

Publisher STIKS Tarakanita @copyright